Selasa, 20 Agustus 2013

Cara Mendaftarkan Siswa Ke Web PADAMU NEGERI



Insya Allah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi bagaimana cara Memasukkan Data Siswa dalam Data Administrasi Padamu Negeri. Seperti sobat ketahui bahwa pengisian EDS seperti tahun lalu bukan hanya di lakukan oleh guru dan kepala sekolah, melainkan juga di lakukan oleh siswa.

Di situs padamu negeri yang beralamatkan di http://padamu.siap.web.id/ terdapat tombol login yang di tujukan untuk siswa.

Berikut cara memasukan data siswa dalam administrasi PADAMU NEGERI

1.       Buka akun Login Sekolah sobat, dengan mengetik: http://padamu.siap.web.id lalu klik Login Sekolah

2.       Kemudian klik menu Sekolah yang ada di header

3.       Maka akan muncul beberapa pilihan, klik menu Administrasi (beta)

4.       Langkah selanjutnya klik menu Siswa & Alumni

5.       Lalu klik menu Siswa yang ada disebelah kiri layar

6.       Kemudian klik menu Daftar Siswa

7.       Maka akan muncul data siswa, jika belum ada yang diunggah maka akan kosong. Kemudian klik Tombol Arah Panah Atas untuk meng-upload data siswa seperti ini


8.       Unduh format data siswa yang memakai format MS. EXCEL

9.       Isi atau masukan data siswa dengan tidak mengubah format, seperti gambar dibawah ini

10.   Setelah semua data siswa terisi, unggah/upload file tersebut, seperti ini

11.  Lalu klik tombol Unggah.

Proses pengentrian data siswa bisa dilakukan secara bertahap, misalnya jika ada 60 siswa, bisa diunggah terlebih dahulu 30 siswa, selanjutnya ditambah lagi lalu diunggah lagi sampai selesai. Jika proses aktivasi akun siswa sudah selesai dan EDS terisi, Verval NUPTK kepala sekolah bisa segera diselesaikan. Sehingga semua PTK (guru) bisa mendapatkan bintang 4 dan NUPTK-nya aktif

Catatan Pengisian Data Siswa Di Format Ms. Excel:

1.       Kolom NO adalah Nomor Urut data dan wajib diisi dengan format TEXT
2.       Kolom KODE SISTEM diabaikan saja, ini adalah kode sistem yang diberikan oleh SIAP, jangan melakukan perubahan apapun pada kolom ini
3.       Kolom NO INDUK, jika terdapat nomor induk siswa yang berlaku internal sekolah, silahkan diisikan dengan format TEXT bukan NOMER dan jika tidak ada silahkan dikosongkan (tidak wajib diisi).
4.       Kolom NISN, jika siswa memiliki NISN harap diisikan dengan format TEXT bukan NOMER dan jika tidak ada silahkan dikosongkan (tidak wajib diisi).
5.       Kolom NAMA, wajib diisikan nama lengkap Siswa sudah tentu berformat TEXT
6.       Kolom KELAMIN (L/P), diisikan dengan huruf “L” untuk laki-laki dan ”P” untuk perempuan.
7.       Kolom TEMPAT LAHIR, wajib diisi.
8.       Kolom TANGGAL LAHIR, wajib diisi dengan standar penulisan ('YYYY-MM-DD) contoh : '2000-01-21, dengan format TEXT bukan format DATE. (catatan: di depannya pakai tanda petik)
9.       Kolom ALAMAT, wajib diisi dengan alamat lengkap siswa.
10.   Kolom TINGKAT, wajib diisi dengan angka sesuai dengan tingkatan siswa tersebut. Contoh : untuk SD 1-6, untuk SMP 7-9, untuk SMA 10-12 dan harus format TEXT.
11.   Kolom TAHUN MASUK, wajib diisi tahun masuk siswa disekolah berupa angka dengan standar penulisan (YYYY), juga dengan format TEXT
12.  Jika ada data yg berformat NUMBER atau DATE maka data tidak dapat di upload / di unggah.


YansGhk.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Website gratis, mau ??

Hosting Gratis