Insya Allah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi
bagaimana cara Memasukkan Data Siswa dalam Data Administrasi Padamu Negeri.
Seperti sobat ketahui bahwa pengisian EDS seperti tahun lalu bukan hanya di lakukan
oleh guru dan kepala sekolah, melainkan juga di lakukan oleh siswa.
Di situs padamu negeri yang beralamatkan di
http://padamu.siap.web.id/ terdapat tombol login yang di tujukan untuk siswa.
Berikut cara memasukan data siswa dalam administrasi PADAMU
NEGERI
1. Buka akun Login Sekolah
sobat, dengan mengetik: http://padamu.siap.web.id
lalu klik Login Sekolah
2. Kemudian klik menu Sekolah
yang ada di header
3. Maka akan muncul
beberapa pilihan, klik menu Administrasi (beta)
4. Langkah selanjutnya
klik menu Siswa & Alumni
5. Lalu klik menu Siswa
yang ada disebelah kiri layar
6. Kemudian klik menu Daftar
Siswa
7. Maka akan muncul data
siswa, jika belum ada yang diunggah maka akan kosong. Kemudian klik Tombol
Arah Panah Atas untuk meng-upload data siswa seperti ini
8. Unduh format data
siswa yang memakai format MS. EXCEL
9. Isi atau masukan data
siswa dengan tidak mengubah format, seperti gambar dibawah ini
10. Setelah semua data
siswa terisi, unggah/upload file tersebut, seperti ini
11. Lalu klik tombol Unggah.
Proses pengentrian data siswa bisa dilakukan secara
bertahap, misalnya jika ada 60 siswa, bisa diunggah terlebih dahulu 30 siswa,
selanjutnya ditambah lagi lalu diunggah lagi sampai selesai. Jika proses
aktivasi akun siswa sudah selesai dan EDS terisi, Verval NUPTK kepala sekolah
bisa segera diselesaikan. Sehingga semua PTK (guru) bisa mendapatkan bintang 4
dan NUPTK-nya aktif
Catatan Pengisian Data Siswa Di Format Ms. Excel:
1. Kolom NO
adalah Nomor Urut data dan wajib diisi dengan format TEXT
2. Kolom KODE SISTEM diabaikan
saja, ini adalah kode sistem yang diberikan oleh SIAP, jangan melakukan perubahan
apapun pada kolom ini
3. Kolom NO INDUK,
jika terdapat nomor induk siswa yang berlaku internal sekolah, silahkan
diisikan dengan format TEXT bukan NOMER dan jika tidak ada silahkan dikosongkan
(tidak wajib diisi).
4. Kolom NISN,
jika siswa memiliki NISN harap diisikan dengan format TEXT bukan NOMER dan jika
tidak ada silahkan dikosongkan (tidak wajib diisi).
5. Kolom NAMA, wajib
diisikan nama lengkap Siswa sudah tentu berformat TEXT
6. Kolom KELAMIN
(L/P), diisikan dengan huruf “L” untuk laki-laki dan ”P” untuk perempuan.
7. Kolom TEMPAT LAHIR,
wajib diisi.
8. Kolom TANGGAL
LAHIR, wajib diisi dengan standar penulisan ('YYYY-MM-DD) contoh : '2000-01-21,
dengan format TEXT bukan format DATE. (catatan: di depannya pakai tanda petik)
9. Kolom ALAMAT,
wajib diisi dengan alamat lengkap siswa.
10. Kolom TINGKAT,
wajib diisi dengan angka sesuai dengan tingkatan siswa tersebut. Contoh : untuk
SD 1-6, untuk SMP 7-9, untuk SMA 10-12 dan harus format TEXT.
11. Kolom TAHUN MASUK,
wajib diisi tahun masuk siswa disekolah berupa angka dengan standar penulisan
(YYYY), juga dengan format TEXT
12. Jika ada data yg
berformat NUMBER atau DATE maka data tidak dapat di upload / di unggah.
YansGhk.blogspot.com